Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Lupa Password WeChat yang Tidak bisa Login (Error)

Halo bro, apakah kamu menggunakan aplikasi WeChat di smartphone android kamu? Oh ya, apakah kamu tidak bisa masuk ke akun wechat (login gagal / error) karena lupa password, lupa email atau bahkan lupa nomor yang di daftarin? Jika iya, kamu tidak usah khawatir, karena kesalahan password atau kata sandi yang lupa masih bisa di reset kembali (dipulihkan).

Bagaimana jika Lupa email dan kata sandinya? Tidak usah khawatir, meskipun lupa email dan passwordnya akun Anda masih bisa di selamatkan dengan Log in via SMS menggunakan nomor telepon yang Anda daftarkan.

Nah kalau lupa nomor telepon atau nomornya sudah tidak aktif gimana? Tenang saja, masih bisa diselamatkan dengan melakukan Reset password via email. Tetapi kamu harus masih ingat dengan email yang kamu daftarkan akun wechat dan email tersebut masih bisa di akses dengan baik. Jangan menggunakan email ngawur.

Lalu bagaimana bila lupa alamat email, kata sandi dan nomor telepon juga? Hemmm.. Jika kasusnya sudah lupa email, sandi beserta nomor telepon, beda lagi masalahnya.

Jika sudah lupa semuanya ya ikhlaskan saja akun kamu hilang. Buat akun WeChat baru aja bro.. Tapi sayang banget kan, kontak teman wechat sudah banyak. Yaaa, mau gimana lagi, salah kamu sendiri lupa email password nomor telpon juga lagi? hemmm.... Terlalu!

Lihat Juga : Cara Daftar / Membuat Akun Baru WeChat di Android Cepat dan Mudah

Berikut langkah-langkah tutorial cara mudah dan cepat solusi mengatasi lupa email password, dan nomor telepon akun wechat yang tidak bisa login.
Mengatasi Lupa Password WeChat yang Tidak bisa Login

Cara Mengatasi Lupa Sandi WeChat (Reset Password)

Biasanya saat kita tidak bisa masuk ke akun wechat akan menampilkan peringantan seperti ini "Login Error - Account or password error, Enter again" itu berarti login gagal dan akun atau sandi yang kita masukkan salah dan disuruh memasukkan kembali.
Login Error - Account or Password wechat error

Nah, jika masalahnya seperti gambar diatas, dapat kita atasi dengan dua cara, yakni log in via sms dan reset password via email.

Solusi 1) Log in via SMS

Log in via sms ada metode masuk ke akun wechat menggunakan sms verifikasi berupa 4 digit angka. Untuk menggunakan metode ini silahkan ketuk tombol Log in via SMS.
Log In Wechat

Setelah itu pilih coutry/region dan masukkan nomor telepon akun wechat kamu. Jika sudah, ketuk Next di pojok kanan atas layar.
Log In via SMS Wechat

Lalu muncul layar popup seperti ini "phone number confirmation, we will send a verification code to the following number:" langsung saja ketuk OK.
Phone number confirmation Wechat

Dan beberapa saat kemudian akan ada sms dari wechat yang berisi kode verifikasi dengan 4 digit angka. Masukkan 4 angka tersebut pada Verivication code seperti gambar di bawah ini. Jika sudah ketuk tombol Next.
Verification Code SMS WeChat

Lalu muncul lagi layar popup seperti ini "Note - Do you want to findout which phone contacts are using wechat? dst..." langsung saja ketuk Yes.
Note Verification Code Wechat

Dan setelah itu kamu akan langsung masuk ke akun WeChat kamu. Biasanya akan ada satu pesan dari WeChat Team yang berisi Welcome Back!... ini berarti kita telah berhasil masuk ke akun wechat kita menggunakan metode log in via sms.
Berhasil Login ke Akun Wechat melalui SMS

Solusi 2) Reset Password via Email

Untuk reset password menggunakan email adalah solusi yang bisa digunakan jika kamu lupa dengan nomor telepon beserta passwordnya. Tetapi perlu diingat bahwa email yang kamu gunakan sebelumnya sudah tertaut dengan akun Anda.

Email tersebut juga harus bisa di akses dan kamu bisa masuk ke akun email kamu, entah itu email Gmail atau Yahoo. Yang penting masih bisa login ke email Anda.

Untuk menggunakan Reset password via email, ketuk pada Forgot password?.
Forgot Password Wechat

Kemudian pilih Email Linked - Reset password via email.
Reset Password via email Wechat

Lalu masukkan nama atau alamat email akun wechat Anda. Kemudaian ketuk Next.
Enter email wechat

Setelah selesai, maka akan muncul pemberitahuan seperti ini "Message sent - Please check the message in your mailbox and follow the instructions to reset your password".
email wechat sent

Ini berarti wechat telah mengirimkan pesan ke email Anda.

Silahkan buka email Anda dan nanti akan ada pesan masuk dari WeChat Team dengan subject "Reset WeChat Password".
pesan masuk dari wechat ke gmail

Buka email tersebut lali klik link / tautan yang ada di dalam pesan tersebut.
link reset password di dalam pesan email wechat team

Lalu akan terbuka halaman untuk me-reset password wechat kamu.
masukkan password baru wechat dan konfirmasi

Masukkan password baru dan konfirmasi password tersebut.

Password baru bisa kamu buat dengan jumlah 4-16 digit dengan kombinasi angka dan karakter. Pastikan password kamu kuat dan mudah di ingat biar tidak lupa lagi.

Setelah selesai klik Ok.

Setelah itu muncul pemberitahuan seperti ini "WeChat password reset successfully"

Ini berarti kita telah berhasil melakukan reset password melalui email kita. Silahkan ketuk Completed.

Setelah berhasil me-reset password wechat, sekarang kita tinggal masuk ke akun wechat menggunakan email dan password yang baru di buat tadi.

Cara Login WeChat menggunakan ID / Email / QQ ID dan Password

Login masuk ke akun wechat menggunakan wechat ID / email / QQ id dan password ini berbeda dengan login menggunakan nomor telepon.

Kamu haru masuk menggunakan mode lain. Berikut caranya:

Langkah 1) Ketuk pada Change login mode.
Change login mode wechat

Langkah 2) Muncul form login yang berbeda dengan login yang pertama, form login ini adalah memasukkan Account dan Password.

Silahkan masukkan email dan password Anda. Kemudian ketuk Log In.
Login WeChat via Email

Langkah 3) Muncul menu popup yang berisi seperti ini "We need you to quickly help verify your ownership of the wechat account you logged in with. Do you want to verify it now?" langsung saja ketuk OK.
Wechat login via email

Langkah 4) Kita di suruh melakukan verifikasi dengan cara memilih dua foto profil kontak teman pada akun wechat kita.

Silahkan di pilih seperti yang saya lakukan pada gambar berikut ini.

Jika sudah, ketuk tombol OK.

Langkah 5) Verification Successfully - ini berarti verifikasi yang kita lakukan telah berhasil.

Silahkan ketuk "Enter WeChat" untuk masuk ke akun wechat kamu.

Langkah 6) Kamu akan di bawa kembali ke layar login. Karena sudah memasukkan akun dan passwod, langsung saja ketuk tombol Log In.
Login wechat

Kemudian wechat akan melakukan mempersiapkan akun wechat kamu. tunggu hingga loading... 100%.
Wechat loading

Selesai! sampai disini kita telah berhasil login ke akun wechat dengan menggunakan email dan password yang baru di reset.

Gimana bro, mudah kan? Silahkan kamu pilih reset password dengan menggunakan log in via SMS atau reset password via email.

Kesimpulan

Lupa password WeChat masih bisa di pulihkan dengan menggunakan dua cara diatas.

Jika lupa password bisa langsung login menggunakan nomor telepon atau login via SMS.

Jika lupa nomor yang di gunakan saat mendaftar, bisa langsung melakukan reset password via email.

Jika lupa email dan nomor telepon, maaf akun Anda sudah tidak dapat di pulihkan, silahkan buat akun baru wechat.

Itulah informasi tentang cara mengatasi lupa password wechat yang tidak bisa masuk (login error). Silahkan di coba, jika Ada pertanyaan silahkan tanyakan melalui kolom komentar.

Semoga bermanfaat...

7 komentar untuk "Cara Mengatasi Lupa Password WeChat yang Tidak bisa Login (Error)"

  1. Gan saya sudah coba reset password via email dan sudah sukses. Nah ketika login dgn password baru trsebut muncul lgi pesan utk masukkan kode verifikasi yg dikirim ke no hp. Nah ini gmna ya gan krn kan no hp nya sudah tdk aktif lagi? Mohon bantuan pencerahannya. Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  2. Saya login udh ok, tidak lupa id email atau password, tapi meminta verifikasi perangkat baru, memang biasa nya hanya minta verifikasi foto teman, tapi sekarang berbeda, mohon bantuannya

    BalasHapus
  3. Verivikasinya gak hanya poto temen. Tp macem2. Kayak perangkat HP rrakir dpakai. Nama group terakir diakses. Dll. Nah.. kan gak ada yg nyambung pilihannya. So mau pilih ngawur SALAH. mau pilih "bukan jawaban saya" jg salah. Terus gmana?

    BalasHapus
  4. knapa setipa saya daptrar selalu barcode?

    BalasHapus
  5. Saya udh coba semua cara tapi ttp gak bisa mereset kata sandi nya, email dari thn 2012 sampai skrg masih ttp saya pke

    BalasHapus