Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Hapus Aplikasi di Komputer Windows 7/8/XP Lengkap Mudah

Halo kawan, Pada tulisan ini saya akan menjelaskan bagaimana cara untuk menghapus program aplikasi pada komputer Anda yang menggunakan sistem operasi windows 7 8 XP mapupun windows vista. Tutorial ini sangat mudah khusus untuk Anda yang baru kenal dengan yang namanya komputer.

Banyak di antara kita yang masih bingung atau bahkan tidak mengetahui sama sekali dalam menghapus beberapa aplikasi yang sudah terinstall di komputer kita. Nah maka dari itu saya memberikan solusi untuk masalah tersebut dengan panduan tutorial uninstall software yang terinstall pada windows Anda.

Terkadang banyak sekali aplikasi yang tidak berguna yang terinstall pada komputer atau laptop yang hanya memberatkan kinerja Sistem PC anda. Dan agar komputer Anda menjadi cepat dan tidak lambat atau lemot maka salah satu jalan terbaik adalah menghapus beberapa program komputer yang tidak berguna untuk Anda. Ketika program berhenti berjalan pada PC Anda akan sangat menjadi berguna untuk mempercepat kinerja PC Anda, atau tidak akan mempengaruhi komputer Anda, saatnya untuk memberikan ruang bernafas untuk komputer Anda.

Menghapus program di Windows 7/8/XP biasanya proses langkah-langkahnya sangat mudah, tetapi kamu bisa mendapatkan sedikit kesulitan jika program menolak untuk bekerja sama. Untuk itu Lihatlah Langkah langkah di bawah ini untuk belajar bagaimana menghapus program dan apa yang harus dilakukan jika Anda mengalami masalah apapun.


Cara Tutorial Menghapus Program Aplikasi di Komputer Windows 7/8/XP & Vista.

Sebenarnya pada semua versi Windows itu sama saja, kita hanya perlu melakukannya melalui Control Panel windows dan memilih pengaturan untuk menghapus program.

1. Buka Control Panel. Anda dapat mengakses Control Panel dari menu Start. Menu Start dapat dibuka dengan mengklik logo Windows di pojok bawah kiri layar, atau dengan menekan tombol Windows pada keyboard Anda. 
Cara Hapus Aplikasi di Komputer Windows 7/8/XP

2. Buka Programs and Features.
Cara Hapus Aplikasi di Komputer Windows 7/8/XP

3. Cari program yang ingin Anda Hapus (uninstall). Ketika Anda membuka Programs and Features, Anda akan melihat daftar semua program yang diinstal Anda. Anda mungkin harus menunggu beberapa saat untuk untuk melihat daftar aplikasi sepenuhnya. Klik program dalam daftar untuk memilihnya. 
Jika program aplikasi yang ingin Anda hapus tidak muncul dalam daftar, periksa untuk melihat apakah ia memiliki alat instalasi sendiri. Ini biasanya terletak di menu grup Start, yang dapat Anda temukan dengan mengklik Start → All Programs → Nama Program atau Perusahaan. 
Cara Hapus Aplikasi di Komputer Windows 7/8/XP

4. Klik tombol Uninstall. Hal ini akan muncul di toolbar atas ketika sebuah program sedang dipilih dalam daftar. Anda juga dapat klik kanan pada program untuk menemukan Penghapusan instalasi di menu yang muncul. Klik untuk memulai proses instalasi. Anda akan ditanya apakah Anda ingin melanjutkan. 
Cara Hapus Aplikasi di Komputer Windows 7/8/XP

5. Kemudian Ikuti petunjuknya. Program yang berbeda akan memiliki program instalasi yang berbeda. Anda mungkin akan bertanya apakah Anda ingin menyimpan pengaturan file konfigurasi. Jika anda berencana untuk menginstal ulang program di kemudian hari, meninggalkan ini bisa membuat mendapatkan itu diatur lebih mudah. Atau Anda juga dapat menghapus aplikasi beserta semua konfigurasinya.
Cara Hapus Aplikasi di Komputer Windows 7/8/XP

Jika program menolak untuk uninstall, atau muncul kembali setelah diinstal, Anda mungkin memiliki virus. Untuk menghadapi virus, Anda mungkin perlu untuk menjalankan beberapa program penghapusan virus yang berbeda. Namun jika saya mengalami terserang virus, Saya cukup menggunakan Microsoft Security Essential dan dengan AntiVirus ini sudah bisa membasmi bersih semua virus di laptop saya.

Biasanya akan Banyak sekali, file nyasar dan entri registry akan tertinggal selama proses instalasi. Ini dapat mengotori komputer Anda dari waktu ke waktu, terutama jika Anda menginstal dan menguninstall program secara teratur. saya sarankan untuk menggunakan Program Pembersih komputer seperti CCleaner yang dapat membantu untuk menghapus file-file liar dan menjaga komputer Anda berjalan lancar.

Saya juga membuatkan video tutorialnya, silahkan lihat disini:

Tutorial Cara Uninstall Program Aplikasi Komputer


Jika Anda menghapus banyak program pada satu waktu dan membebaskan sejumlah besar ruang penyimpanan Anda, maka Anda mungkin memerlukan untuk melakukan Defragment harddisk Anda untuk meningkatkan kinerja komputer Anda.

10 komentar untuk "Cara Hapus Aplikasi di Komputer Windows 7/8/XP Lengkap Mudah"

  1. bro klu uninstal yang bahasa cina gmn
    ditempat gua seperti baidu speed boster cuman bahasanya cina
    dan ditambah lagi gua cari dii control panel --> uninstal progam gak ketemu

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, sama... dikomputerku juga begitu ...
      tapi ngga ngerti nama programnya apa... soalnya bahasa cina.. dan aku sebelumnya juga ngga pernah instal begituan, waktu itu mau download di internet...tiba-tiba program tsb instal dgn sendirinya... tolong pencerahannya...

      Hapus
  2. Bro, Boleh tanya? saya coba progam berbasic "try" trus waktunya habis dan saya uninstall. Setelah itu saya instal lagi, nah kok progamnya tetap expired ?
    Bagaimana mengatasinya kalau kita mau pakai progam trus masanya habis? (expired)

    BalasHapus
  3. Mbah aku takon bokep seng apik opo yoo
    Mohon jawabane

    BalasHapus
  4. Mas Admin:
    bagaimana cara register email di apps PDF/adobe,&menggunakan email berbasis apa

    BalasHapus
  5. Mas bos admin.bgmna klo di hapus tp ttp ga bisa,

    BalasHapus
  6. Di hapus tp tetap tudak bisa gemana

    BalasHapus