Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan & Setting Wi-Fi Hotspot di Android

Bagaimana sih cara menjadikan HP Android sebagai Hostpot WiFi supaya laptop saya bisa digunakan untuk internetan melalui HP Android sebagai modem Wifi? Ini merupakan pertanyaan yang sering saya jumpai. Bahkan teman-teman saya juga banyak yang tidak mengetahui kalau Smartphone Android bisa kita jadikan wifi yang kemudian di sambungkan ke laptop atau gadget samrtphone tablet dan yang lainnya cukup dengan menggunakan satu HP Android yang sudah ada paket internet dan data seluler sudah tersambung dengan internet.

Apakah Anda perlu untuk menghubungkan laptop ke internet, tetapi tidak dapat menemukan publik Wi-Fi hotspot? Jika rencana Anda ingin internetan melalui laptop tetapi tidak memungkinkan, Anda dapat menggunakan ponsel Android Anda untuk membuat mobile hotspot yang akan memungkinkan perangkat lain untuk menggunakan data seluler ponsel Anda untuk terhubung ke internet. Untuk itu saya disini hadir dengan tulisan baru yang akan membantu masalah Anda yang menginginkan untuk menjadikan HP Android Anda sebagai Wifi Hotspot (Terhering) sebagai koneksi internet laptop Anda lengkap dengan gambar. Berikut Panduan tutorial lengkap mengenai cara membuat Wifi Hotspot Sendiri menggunakan HP Android.
 PENTING :  Sebelum memulai untuk membuatnya, pastikan smartphone android Anda harus sudah terdaftar paket internet dan Hp Android kamu sudah bisa untuk mengakses internet. Dan pastikan juga Anda memiliki paket internet dengan data kuota yang mencukupi untuk kebutuhan internet Anda. Jika HP Anda belum memiliki paket internet, maka Anda tidak bisa mengakses Internet meskipun Anda sudah berhasil melakukan pengaturan dan mengaktifkan Wifi Hotspot di HP Android Anda. Lihat pada Cara Daftar Paket Internet simPATI Loop untuk Android (30 Hari).

Ok jika semua sudah ok, maka kita lanjut untuk melihat bagaimana cara mengatur dan mengaktifkan wifi hotspot di smartphone Android yang ingin kamu jadikan modem melalui koneksi wifi.

Cara Membuat dan Mengaktifkan Wi-Fi Hotspot di Android

1. Buka menu Pengaturan. 
Anda dapat mengakses ini dari aplikasi Pengaturan pada layar Awal atau Laci Aplikasi, atau dengan menekan tombol menu ponsel Anda dan memilih "Pengaturan".



2. Pilih menu "Pnambatan dan Hotspot seluler".
Hal ini biasanya terletak di bagian Wireless & Bluetooth pada bagian Koneksi jaringan. Namun ini screenshot yang saya gunakan adalah pada Android kitkat 4.4.2, Namun biasanya berbeda dengan android versi dibawahnya, Anda mungkin perlu menekan "More ..." untuk menemukannya.


3. Tekan pada menu pilihan "Hostspot seluler" untuk mengubah pengaturan Anda.
Anda mungkin menemukan berbagi koneksi data seluler perangkat melalui USB, Wi-Fi atau Bluetooth. Namun disini kita akan mengatur untuk koneksi Wi-Fi Hostspot seluler.



4. Konfigurasi Pengaturan Hostpot Anda.
Tekan Konfigurasi pada bagian bawah kanan untuk mengatur dan menyesuaikan pengaturan hotspot dengan yang kamu inginkan.



4. Menyesuaikan pengaturan hotspot Anda. 
Sebelum mengaktifkan hotspot seluler Anda, Anda harus memastikan bahwa itu benar aman dan bahwa SSID (nama jaringan) tidak mengandung informasi pribadi apapun. Anda bisa mengatur nama Wifi Hostpot Anda dan memberinya kata sandi yang sesuai dengan keinginan Anda.



Keterangan :
  • Jaringan SSID - ini adalah nama jaringan WiFi Hostpot Anda yang akan disiarkan. Siapapun yang memiliki wifi terdekat dalam cakupan area Anda akan dapat melihat nama ini. Sebagai contoh disitu saya memberi nama wifi saya dengan nama : WIFI-caratutorial.com.
  • Sembunyikan Perangkat saya -  Hal ini jika Anda mengingikan agar hanya Anda yang dapat menyambung ke hotspot wifi anda, maka anda bisa memberi centang.
  • Pengaman - Anda harus selalu memiliki pengaturan ini untuk WPA2 PSK agar wifi Anda aman dan tidak sembarang orang dapat tersambung dengan perangkat anda.
  • Kata Sandi - Anda harus selalu memiliki satu set password, tanpa kecuali. Pastikan bahwa itu adalah kuat, namun mudah diingat, karena Anda akan perlu untuk memasukkan pada perangkat yang Anda terhubung ke hotspot wifi anda.
Anda juga bisa mengatur Pengaman tanpa kata sandi dengan memilih pada Buka File. Namun dengan memilih pengaturan ini, Semua perangkat yang dekat dengan Anda dapat langsung terhubung dengan Wifi Anda tanpa kata sandi dan akan memakan kuota Anda dan juga menambah beban bandwith yang juga akan menjadikan koneksi Anda juga lemot.



Setelah semua pengaturan sudah sesuai dengan pengaturan Anda. Silahkan tekan Simpan untuk menyimpan pengaturan jaringan wifi hotspot milik Anda sendiri.

5. Mengaktifkan Hotspot seluler Anda. 
Untuk mengaktifkan wifi Hotspot seluler yang sudah Anda atur dengan baik, silahkan Geser kotak "Hotspot seluler" ke kanan sehingga kotak berubah menjadi warna hijau itu tandanya hotspot Anda sudah aktif.



Jika Anda ingin mematikan (Nonatikan) Wifi Hotspot seluler Android. Caranya cukup mudah, yaitu menggeser kotak kembali kekiri, sehingga kotak tidak menyala warna hijau. Itu tandanya hotspot sudah di matikan.

Cara Menyambungkan Laptop ke Wi-Fi Hotspot Android.

Langkah selanjutnya adalah menyambungkan perangkat lain ke WiFi Hotspot seluler atau Terhering milik Anda. Sebagai contoh disini saya akan menyambungkan laptop saya ke Hotspot Android Samsung Galaxy Grand 2 milik saya.

1. Lihat pada pojok kanan bawah, klik pada icon Networks, Kemudian Refresh jaringan wifi, dan mencari disitu Anda akan mendapatkan nama (SSID) jaringan hotspot seluler dengan nama WIFI-caratutorial.com yang telah dibuat sebelumnya melalui pengaturan hotspot seluler android.


2. Klik Connect untuk menyambungkan ke terhering atau Hostpot seluler Andoid.


 3. Jika kamu diminta untuk memasukkan Kata sandi, masukkan password yang telah Anda buat tadi, karena saya mengatur kata sandi dengan sandi caratutorial.com, maka saya masukkan sandi itu dan kemudian klik OK untuk menyambung ke jaringan WiFi saya.


 3. Selesai! Saya telah berhasil menyambungkan ke Hostpot Wifi. Jika Anda huga berhasil harusnya pada Network windows anda bertuliskan Connected. Sampai disini kita sudah berhasil membuat koneksi jaringan Wifi melalui HP Android dan menyambungkan melalui perangkat lain.

Setelah berhasil melakukan tutorial diatas, alangkah baiknya Anda melihat panduan tutorial mengenai Cara Melihat dan mengetahui Siapa yang Terhubung dengan Wi-Fi Hotspot Anda di Android.

Lihat juga : Cara Menjadikan HP Android Sebagai Modem USB Untuk Laptop

Dengan cara seperti ini kita tidak perlu membeli modem untuk laptop kita, dengan cara ini menjadi lebih praktis dan tidak ribet. Namun yang perlu diperhatikan adalah pastikan koneksi data seluler HP Android Anda lancar dan kuota masih banyak untuk Anda gunakan mendownload melalui laptop.
Semoga tulisanku bermanfaat. Terima kasih...

11 komentar untuk "Cara Mengaktifkan & Setting Wi-Fi Hotspot di Android"

  1. gan mau nanyani kira-kira kecepatan downloadnya berapa gan???

    BalasHapus
  2. gan kira-kira kecepatan downloadnya berapa gan???

    BalasHapus
  3. gan ane mau nanyani kecepatan downloadnya maksimal berapa gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Downloadnya sama saja dengan kecepatan kalo download melalui HP gan, biasanya saya download pakai kartu telkomsel kecepatan bisa sampai 1.6 MBps begitu juga dengan kecepatan saat saya mendownload melalui PC yang terhubung hotspot HP android saya bro. jadi gak ngaruh pada kecepatan downloadnya sama aja. yang penting koneksi di hp kamu lancar gak ada gangguan sama sekali pasti lancar juga downloadnya. ok..

      Hapus
    2. gan pengaturan di hp saya udah oke, tp kok di laptop tetep gk muncul gan.??
      laptop saya Lenovo G40-70, makaih.

      Hapus
    3. pengaturan Hp udah oke, tp kok di laptop saya tetep gk muncul ya gan, kenapa itu gan.????
      laptop saya Lenovo G40-70,

      Hapus
  4. ini yang dicari
    bisa buat Hotspot sendiri
    terima kasih infonya

    BalasHapus
  5. Gan kenapa di notebook saya gak keluar ya hotspot dari handphone saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah hotspot pada hp Anda sudah aktif? dan apakah wifi pada notebook tidak ada masalah, jika keduanya baik baik saja. harusnya tidak ada masalah bro.

      Hapus
  6. gan kalau cara seperti itu aman gak sih ?

    BalasHapus
  7. sudah ikuti tutorial yg ad tapi nda bisa konek hotspot seluler ke laptop

    BalasHapus